Skip to main content

Featured

034-Culagopalaka Sutta.

CULAGOPALAKA SUTTA Pendahuluan Seperti sutta 33, Sutta ini juga memperkenalkan kiasan mengenai penggem­bala cakap/mampu/tangkap dan tidak cakap tetapi mereka ini dipakai pada per­soalan subyek yang berbeda. Seorang penggembala (sapi) yang tidak cakap di­bandingkan dengan guru-guru agama yang tidak trampil di dalam dunia ini (karena mereka tidak tahu mengajar orang-orang hidup dengan penuh kedamaian, begitu juga guru lainnya karena mereka memilik kebahagiaan sendiri); dunia yang akan datang ( tidak mengetahui tindakan apa yang dianjurkan untuk mencapai kelah­iran kembali yang baik, atau memegang pandangan penghancur lainnya yang menya­takan tidak ada kehidupan berikutnya); yang menjadi milik Mara (seluruh dunia diliputi oleh keinginan dan hawa nafsu, sekalipun surga rasa keinginan atau buah atas dari keinginan itu menjadi milik Mara); apa saja yang bukan milik Mara (adalah dunia yang berupa atau tanpa rupa yang berada diluar jangkauan Mara; dasar mereka bukan keing

XVII.KUMPULAN BAIT-BAIT KEDUA (Dutiyagthasamganika)

XVII. KUMPULAN BAIT-BAIT KEDUA
(Dutiyagāthāsaṁgaṇika)

[210] Berapa banyak pelanggaran jasmaniah, berapa banyak verbal yang dilakukan,
Berapa banyak pelanggaran karena menyembunyikan,[1] berapa banyak selama kontak? /
Enam pelanggaran jasmaniah, enam verbal yang dilakukan,
Tiga pelanggaran karena menyembunyikan,[2] lima selama kontak.[3] /
Berapa banyak pelanggaran pada waktu matahari terbit, berapa banyak sampai yang ketiga kalinya,
Berapa banyak di sini merupakan delapan hal, melalui berapa banyak yang merupakan kumpulan keseluruhan? /
Tiga pelanggaran waktu matahari terbit,[4] dua yang merupakan sampai ketiga kalinya,[5]
Satu di sini merupakan delapan hal,[6] melalui satu merupakan kumpulan keseluruhan.[7] /
5 Berapa banyak sumber Disiplin yang telah ditetapkan Sang Buddha?
Berapa banyak yang termasuk serius pada Disiplin, berapa banyak dari menyembunyikan yang termasuk pelanggaran yang sangat buruk? /
Dua sumber Disiplin yang telah ditetapkan Sang Buddha,[8]
Dua yang termasuk serius dalam Disiplin,[9] dua menyembunyikan yang termasuk pelanggaran yang sangat buruk.[10] /
Berapa banyak pelanggaran di perkampungan, berapa banyak yang disebabkan oleh pinggir sungai yang lain,
Dalam hal makan berapa banyak daging-dagingan merupakan pelanggaran berat, berapa banyak daging yang merupakan pelanggaran dukkhata? /
Empat pelanggaran antara desa,[11] empat disebabkan oleh tepi sungai yang lain,[12]
Dalam hal makan sepotong daging merupakan pelanggaran berat,[13] dalam hal sembilan potong daging merupakan pelanggaran dukkhata.[14] /
Berapa banyak pelanggaran verbal pada malam hari, berapa banyak pelanggaran verbal pada siang hari,
Berapa banyak pelanggaran bagi orang yang memberikan, berapa banyak pelanggaran bagi orang yang menerima? /
10 Dua pelanggaran verbal pada malam hari,[15] dua pelanggaran verbal pada siang hari,[16]
Tiga pelanggaran bagi orang yang memberikan,[17] dan empat bagi si penerima.[18]/
Berapa banyak yang mengecoh ke pengakuan, berapa banyak perubahan yang dibuat,
Berapa banyak yang termasuk perubahan yang tidak dibuat dibicarakan oleh Buddha, Sanak Matahari? /
Lima mengecoh ke pengakuan,[19] enam yang mana perubahan dibuat,[20]
Satu di sini yang mana perubahan tidak dibuat20 dibicarakan oleh Buddha, Sanak Matahari. /
Berapa banyak pelanggaran serius terhadap Disiplin dibicarakan dan pelanggaran verbal secara jasmaniah,
Berapa banyak rasa bijih padi pada waktu yang salah, berapa banyak perjanjian dengan gerakan yang diikuti oleh resolusi yang dibuat tiga kali? /
Dua pelanggaran serius terhadap Disiplin[21] dibicarakan, dan pelanggaran verbal secara jasmaniah,[22]
Satu rasa bijih padi pada waktu yang salah,[23] satu perjanjian untuk gerakan yang diikuti oleh sebuah resolusi yang dibuat tiga kali,[24] /
15 Berapa banyak Takluk jasmaniah, berapa banyak dasar untuk komuni,
[211] Dan berapa banyak interupsi, berapa banyak ruas dua jari ditetapkan? /
Dua Takluk secara jasmaniah,[25] dua dasar untuk komuni,[26]
Dan interupsi untuk dua individu,[27] dua ruas jari dua kali ditetapkan.[28]/
Berapa banyak “melukai dirinya sendiri”, berapa banyak yang merupakan perpecahan Sangha,
Berapa banyak di sini yang merupakan lawan pertama, berapa banyak pelaksanaan gerakan? /
Dua “melukai dirinya sendiri”,[29] oleh dua sebuah perpecahan Sangha,[30]
Dua di sini merupakan lawan pertama,[31] dua pelaksanaan gerakan.[32]/
Berapa banyak pelanggaran dalam hal penyerangan terhadap makhluk hidup, berapa banyak Takluk dari ucapan,
Berapa banyak yang termasuk kata-kata yang menyindir, atau berapa banyak karena seorang perantara?/
Tiga pelanggaran dalam hal penyerangan terhadap makhluk hidup,[33] tiga Takluk dari ucapan,[34]/
Berapa banyak individu yang seharusnya tidak ditahbiskan, berapa banyak hal yang dimasukkan dalam tindakan resmi?
Berapa banyak yang merupakan yang dikeluarkan, untuk berapa banyak yang merupakan formula rangkap satu? /
Tiga individu seharusnya tidak ditahbiskan,[35] tiga hal yang termasuk tindakan resmi,[36]
Tiga yang merupakan yang dikeluarkan,[37] tiga merupakan formula rangkap satu.[38]/
Berapa banyak pelanggaran karena mengambil apa yang tidak diberikan, berapa banyak karena tidak suci,
Berapa banyak pelanggaran karena penebangan, berapa banyak karena menumbangkan?/
Tiga pelanggaran karena mengambil apa yang tidak diberikan,[39] empat karena tidak suci,[40]
Tiga pelanggaran karena penebangan,[41] lima karena penumbangan.[42]
25 Pelanggaran dukkhata dengan Pengakuan Kesalahan karena seorang penegur dalam Sangha yang tidak lengkap tanpa para bhikkhuni,
Berapa banyak di sini yang dibicarakan sebagai nonads, dan berapa banyak yang berkenaan dengan bahan jubah? /
Pelanggaran dukkhata dengan Pengakuan Kesalahan dilakukan oleh penegur dalam Sangha yang tidak lengkap tanpa para bhikkhuni,[43]
Empat di sini dibicarakan sebagai nonads,[44] dan dua berkenaan dengan bahan jubah.[45]/
Dan berapa banyak Pengakuan yang ditunjuk bagi para bhikkhuni,
Berapa banyak dukkhata dengan Pengakuan Kesalahan ketika mereka makan padi mentah?/
Dan delapan Pengakuan dibuat bagi para bhikkhuni ditunjukkan,[46]
Dukkhata dengan Pengakuan Kesalahan dilakukan ketika mereka makan padi mentah.[47]
Berapa banyak pelanggaran bagi seseorang yang sedang berjalan, dan berapa banyak bagi seseorang yang sedang berdiri,
Berapa banyak pelanggaran bagi seseorang yang sedang duduk, dan berapa banyak bagi seseorang yang berbaring?/
30 Empat pelanggaran bagi seseorang yang sedang berjalan,[48] dan berjumlah sama untuk seseorang yang sedang berdiri,[49]
Empat pelanggaran bagi seseorang yang sedang duduk,[50] dan berjumlah sama untuk seseorang yang sedang berbaring.50/
Berapa banyak pelanggaran Pengakuan Kesalahan yang semuanya mengenai subjek berbeda dapat terjadi pada seseorang pada saat bersamaan?
Lima pelanggaran Pengakuan Kesalahan yang semuanya mengenai subjek yang berbeda dapat terjadi pada seseorang pada saat yang bersamaan.[51]
Berapa banyak pelanggaran Pengakuan Kesalahan mengenai semua subjek yang berbeda dapat terjadi pada seseorang pada saat yang bersamaan?
[212] Sembilan adalah pelanggaran Pengakuan Kesalahan… yang dapat terjadi pada seseorang pada saat yang bersamaan.[52]/
Berapa banyak pelanggaran Pengakuan Kesalahan semua mengenai subjek yang berbeda
Harus diakui dengan berapa formulakah yang dinyatakan oleh Sanak Matahari? /
Lima merupakan pelanggaran Pengakuan Kesalahan[53] semua mengenai subjek yang berbeda
Itu harus diakui dengan satu formula yang dinyatakan oleh Sanak Matahari. /
35 Berapa banyak pelanggaran Pengakuan Kesalahan semua mengenai subjek yang berbeda
Harus diakui dengan berapa formulakah yang dinyatakan oleh Sanak Matahari? /
Sembilan merupakan pelanggaran Pengakuan Kesalahan[54]
Itu harus diakui dengan satu formula… Matahari. /
Berapa banyak pelanggaran Pengakuan Kesalahan semua mengenai subjek yang berbeda
Harus diakui setelah seseorang telah mengumumkan sesuatu, dinyatakan oleh Sanak Matahari. /
Lima pelanggaran Pengakuan Kesalahan[55]
Harus diakui setelah seseorang telah mengumumkan masalah, dinyatakan oleh Sanak Matahari. /
Berapa banyak pelanggaran Pengakuan Kesalahan…
Harus diakui setelah seseorang telah mengumumkan sesuatu… Matahari? /
40 Sembilan pelanggaran Pengakuan Kesalahan[56]
Harus diakui setelah seseorang telah mengumumkan masalah… Matahari. /
Berapa banyak pelanggaran sampai ketiga kalinya, berapa banyak karena ucapan.
Berapa banyak karena orang yang sedang makan, berapa banyak untuk ikut mengambil makanan? /
Tiga pelanggaran sampai ketiga kali,[57] enam karena ucapan,[58]
Tiga pelanggaran untuk seseorang yang makan,[59] lima karena ikut makan.[60]/
Berapa banyak kesempatan semua ”sampai ketiga kali” capai,
Dan berapa banyak pelanggaran, karena berapa banyak melalui kasus peradilan? /
Lima kesempatan semua “sampai ketiga kali” capai,[61]
Dan ada pelanggaran untuk kelimanya[62] dan lima melalui kasus peradilan.[63]/
45 Untuk berapa banyak dengan adanya investigasi, dan untuk berapa banyak untuk sebuah perkampungan (? Vinicchayohāra) mengenai patta dan jubah disebut kasus peradilan, VA. 1386.
Dan berapa banyak yang tidak ada pelanggaran, untuk berapa alasan seseorang bersinar? /
Untuk lima ada investigasi,[64] dan lima untuk perkampungan,64
Lima tidak ada pelanggaran,64 tiga alasan untuk seseorang bersinar.[65]/
Berapa banyak pelanggaran jasmaniah pada malam hari, berapa banyak pelanggaran jasmaniah pada siang hari,
Berapa banyak pelanggaran karena menatap dengan keinginan, berapa banyak karena pindapatta? /
Dua pelanggaran jasmaniah pada malam,[66] dua jasmaniah pada siang hari,[67]
Satu pelanggaran karena melihat dengan keinginan,[68] satu karena pindapatta.[69]/
Melihat berapa banyak keuntungankah yang seseorang harus akui dengan keyakinan pada yang lain,
Berapa banyakkah yang dinyatakan diskores, berapa banyak “kelakuan semestinya”?/
50 melihat delapan keuntungan yang seseorang akui dengan keyakinan pada yang lainnya,[70]
Tiga dinyatakan diskores,[71] empat puluh tiga “kelakuan semestinya”.[72]/
Pada berapa banyak kesempatan ada ucapan pembohongan, berapa banyak disebut “terbanyak”,
[213] Berapa banyak untuk Diakui, dan dari berapa banyak ada pengakuan?/
Pada lima kesempatan ada pembohongan,[73] empat belas yang disebut “terbanyak”.[74]
Dua belas untuk Diakui,[75] dan dari empat ada pengakuan.[76]/
Berapa banyak faktor dalam pembohongan, berapa banyak faktor Proses Ketaatan,
Berapa banyak faktor karena melanjutkan pesan, berapa banyak tradisi sekte lain?/
Pembohongan ada delapan faktor,[77] delapan faktor Proses Ketaatan,[78]
Delapan faktor karena melanjutkan pesan,78 delapan tradisi sekte lain.78/
55 Berapa banyak formula pentahbisan, untuk berapa banyak baru ada kemunculan,
Kepada berapa banyak tempat duduk harus diberikan, dari berapa banyak penegur bhikkhuni?/
Delapan formula untuk pentahbisan,[79] untuk delapan seharusnya ada kemunculan,78
Kepada delapan tempat duduk harus diberikan,78 dari delapan merupakan seorang penegur bhikkhuni.78/
Dari berapa banyak ada “dapat dihancurkan”, dari berapa banyak ada pelanggaran berat,
Dari berapa banyak tidak ada pelanggaran, apakah ada satu yang ditujukan untuk semua?
Dari satu yang merupakan “dapat dihancurkan”,[80] empat merupakan pelanggaran berat,[81]
Dan empat tidak ada pelanggaran,[82] ada satu yang ditujukan untuk semua.[83]/
Berapa banyak kesempatan untuk dendam, melalui berapa banyak Sangha pecah,
Berapa banyak di sini yang merupakan pelanggaran seketika, berapa banyak pelaksanaan dengan gerakan?/
60 Sembilan kesempatan untuk dendam,[84] Sangha dipecah oleh sembilan,84
Sembilan di sini merupakan pelanggaran seketika,84 sembilan pelaksanaan dengan gerakan.[85]/
Berapa banyak individu yang tidak seharusnya diberi salam maupun menerima anjali atau penghormatan semestinya,
Untuk berapa banyak ada pelanggaran dukkhata, berapa banyak karena memakai tiga jubah?/
Sepuluh individu seharusnya tidak diberi salam maupun menerima anjali atau penghormatan semestinya,[86]
Sepuluh merupakan pelanggaran dukkhata,[87] sepuluh karena memakai tiga jubah.[88]/
Kepada berapa banyak yang telah menjalani masa vassa seharusnya diberikan jubah di sini,
Untuk berapa banyak seharusnya kesucian dideklarasikan, dan untuk berapa banyak sama halnya tidak dideklarasikan?/
Kepada lima yang menjalani masa vassa seharusnya diberikan jubah di sini,[89]
Tujuh seharusnya kesucian[90] dideklarasikan, enam belas tidak dideklarasikan.[91]/
65 Menyembunyikan berapa banyak ratus pelanggaran selama seratus malam,
Setelah menghabiskan berapa banyak malamkah seseorang yang masih dalam masa percobaan dibebaskan?/
Menyembunyikan seribu pelanggaran selama seratus malam,
Setelah menghabiskan sepuluh malam dia yang masih dalam masa percobaan dapat dibebaskan.[92]/
Berapa banyak cacat dalam tindakan resmi yang dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pada masalah Vinaya di Campā, dan berapa banyak—semua—tidak sah secara legal?/
Dua belas cacat dalam tindakan resmi[93]… Matahari,
Pada masalah Vinaya di Campā, semua yang dibuat tidak sah secara legal./
Berapa banyak kebaikan dalam tindakan resmi yang dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pada masalah Vinaya di Campā, dan berapa banyak—semua—sah secara legal?/
70 Empat kebaikan[94] dalam tindakan resmi… Matahari,
[214] Pada masalah Vinaya di Campā, semua yang dibuat sah secara legal./
berapa banyak tindakan resmi yang dinyatakan oleh Sangha, Sanak Matahari,
Pada masalah Vinaya di Campā, berapa banyak yang sah secara legal, tidak sah secara legal?/
Enam tindakan resmi[95]… Matahari,
Pada masalah Vinaya di Campā; di sini satu yang dibuat sah secara legal,
Lima dinyatakan tidak sah secara legal95 oleh Sang Buddha, Sanak Matahari./
Berapa banyak tindakan resmi yang dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pada masalah Vinaya di Campā, berapa banyak yang sah secara legal, tidak sah secara legal?/
Empat tindakan resmi… Matahari,
Pada masalah Vinaya di Campā; di sini satu yang dibuat sah secara legal,
Tiga dinyatakan tidak sah secara legal[96] oleh Sang Buddha, Sanak Matahari./
75 Penggolongan pelanggaran-pelanggaran itu dibabarkan oleh Yang Pertama, Penakluk Ketidakkekalan,[97] oleh Yang memahami pengasingan diri[98]--
Berapa banyak di sini yang dihentikan tanpa ada prosedur: Saya bertanya padamu, kamu yang ahli dalam analisis./
Penggolongan pelanggaran-pelanggaran itu dibabarkan oleh Yang Pertama, Penakluk Ketidakkekalan, oleh Yang memahami pengasingan diri,--
Satu di sini[99] dihentikan tanpa ada prosedur: ini Saya tunjukkan kepadamu, kamu yang ahli dalam analisis./
Berapa banyak yang menyebabkan Keruntuhan dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pada sifat-sifatnya[100] dari seseorang yang menyatakan Vinaya kami mendengarkanmu./
Seratus empat puluh empat[101] dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pemecahbelahan Sangha, menyebabkan Keruntuhan, ke Niraya selama beribu-ribu tahun,[102]
Pada sifat seseorang yang menyatakan Vinaya dengarkan saya,/
Berapa banyak yang tidak menyebabkan Keruntuhan dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pada sifat seseorang yang menyatakan Vinaya kami mendengarkanmu./
80 Delapan belas tidak menyebabkan Keruntuhan[103] dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pada sifat seseorang yang menyatakan Vinaya dengarkan saya./
Berapa banyak octad yang dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari,
Pada sifat… kami mendengarkanmu./
Delapan belas octad[104] dinyatakan oleh… Matahari,
Pada sifat… dengarkan Saya./
Berapa banyak tindakan resmi… Matahari,
Pada sifat… kami mendengarkanmu./
Enam belas tindakan resmi[105] dinyatakan oleh… Matahari.
Pada sifat… dengarkan Saya./
85 Berapa banyak cacat dalam tindakan resmi dinyatakan… Matahari?
[215] Pada sifat… kami mendengarkanmu./
Dua belas cacat dalam tindakan resmi[106] dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari.
Pada sifat… dengarkan Saya./
Berapa banyak kebaikan dalam tindakan resmi dinyatakan oleh… Matahari?
Pada sifat… kami mendengarkanmu./
Empat kebaikan dalam tindakan resmi106 dinyatakan oleh… Matahari.
Pada sifat… dengarkan Saya./
Berapa banyak tindakan resmi dinyatakan Sang Buddha, Sanak Matahari?
Pada sifat… kami mendengarkanmu./
90 Enam tindakan resmi106… Matahari.
Pada sifat… dengarkan Saya./
Berapa banyak tindakan resmi dinyatakan… Matahari?
Pada sifat… kami mendengarkanmu./
Empat tindakan resmi106 dinyatakan… Matahari.
Pada sifat… dengarkan Saya./
Berapa banyak pelanggaran termasuk Takluk dinyatakan…
Matahari?
Pada sifat… kami mendengarkanmu./
Delapan pelanggaran yang termasuk Takluk dinyatakan… Matahari.
Pada sifat… dengarkan Saya./
95 Berapa banyak pelanggaran yang memerlukan Sidang Sangha…/
Dua puluh tiga pelanggaran yang memerlukan Sidang Sangha…/
Berapa banyak pelanggaran Yang Tak Bisa Ditentukan…/
Dua pelanggaran yang Tak Bisa Ditentukan…/
Berapa banyak pelanggaran Pengampunan…/
100 Empat puluh dua pelanggaran Pengampunan…/
Berapa banyak pelanggaran Pengakuan Kesalahan…/
Seratus delapan puluh delapan pelanggaran Pengakuan Kesalahan…/
Berapa banyak pelanggaran untuk Diakui…/
Dua belas pelanggaran untuk Diakui…/
105 Berapa banyak Pelatihan yang dinyatakan Sang Buddha, Sanak Matahari?
Pada sifat seseorang yang menyatakan Vinaya kami mendengarkanmu. /
Tujuh puluh lima Pelatihan dinyatakan oleh Sang Buddha, Sanak Matahari.
Pada sifat seseorang yang menyatakan Vinaya kami dengarkan Saya. /
Apa yang telah ditanyakan dengan baik olehmu telah dijawab olehku.
Dengan menggunakan pertanyaan dan jawaban maka tidak ada lagi yang belum diurutkan.[107]/

Disimpulkan merupakan Kumpulan Bait-bait Kedua








[1] Chādenta, lihat teks hal. 120, menjelang akhir.
[2] Takluk Para bhikkhuni 2, Pengakuan Kesalahan Para Bhikkhu 64, dukkhata pada CV. III, 34. N.B. Pada Bagian ini pelanggaran maksudnya golongan pelanggaran dan bukan pelanggaran individu.
[3] Takluk 1, F.M. 2, Pengakuan Kesalahan. 52, Takluk Para Bhikkhuni 1, 2, 2.
[4] Pengampunan 2 (satu malam), Pengampunan 23 (tujuh hari), Pengampunan 1 (sepuluh hari), Pengampunan 29 (enam malam), Pengampunan 3 (lebih dari satu bulan); pergi sendirian semalam, F.M. Para Bhikkhuni 3; jika pelanggaran telah ditutupi selama jaga malam pertama, kedua dan ketiga, dan masih ditutupi setelah matahari terbit, dia yang menyembunyikan pelanggaran harus dibuat mengakui pelanggaran dukkhata—seperti pada CV. III, 34, 2. Tiga pelanggaran yakni Pengampunan, F.M. dan dukkhata.
[5] Ada sebelas teguran “sampai ketiga kalinya”. Di sini ditujukan untuk para bhikkhu dan bhikkhuni.
[6] Satu di sini pada Dispensasi (sāsana) di sini bagi para bhikkhuni. Lihat Takluk para bhikkhuni 4.
[7] Melalui pelafalan submer semua peraturan pelatihan dan pelafalan keseluruhan Pātimokkha, VA. 1381.
[8] Tubuh dan ucapan.
[9] Takluk dan F.M.
[10] Karena menyembunyikan pelanggaran Takluk atau F.M. ada pelanggaran untuk yang menyembunyikan.
[11] Dukkhata (Pengakuan Kesalahan 67, 2, 2), Pengakuan Kesalahan (Pengakuan Kesalahan 27) berat dan F.M. (F.M. Bhikkhuni 3, 5, 1).
[12] Dukkhata (MV. II, 7, 2), Pengakuan Kesalahan (no. 28), berat dan F.M. (F.M. Bhikkhuni 3, 5, 1).
[13] Dalam hal makan daging manusia, Vin. I, 218.
[14] Makan sembilan jenis daging yang lain, Vin. I, 219 f.
[15] Pengakuan Kesalahan dan dukkhata (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 11, 2, 1).
[16] Pengakuan Kesalahan dan dukkhata (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 11, 2, 1).
[17] Takluk (Takluk III, 4, 7), berat dan Pengakuan Kesalahan (Takluk III, 4, 5)
[18] F.M. (No. 2), Takluk (No. 1), Pengampunan (No. 5), berat (F.M. Bhikkhuni 5, 2, 2).
[19] VA. 1382: lima yang termasuk ringan.
[20] Ibid.: mengesampingkan Takluk, sisanya berarti “pelanggaran di sini yang mana perubahan dibuat” merupakan pelanggaran yang tergolong Takluk)—yakni Takluk merupakan satu-satunya pelanggaran di mana perubahan tidak dapat dibuat.
[21] Takluk dan F.M.
[22] Menunjuk pada semua peraturan pelatihan; bukan yang ditetapkan yang berkenaan dengan pembukaan pikiran, VA. 1382.
[23] Hanya sereal asam yang asin untuk seorang penderita cacat, Vin. I, 210.
[24] Satu perjanjian ini diikuti karena peneguran bhikkhuni (Pengakuan Kesalahan 21).
[25] Takluk 1, Takluk Bhikkhuni 1.
[26] “dasar” adalah bhūmi. VA. 1382: “dia membuat ‘komuni yang sama untuk dirinya sendiri’, atau Sangha lengkap mengembalikan bhikkhu yang diskores. Bagaimanapun juga pada Kurundiya dua dasar untuk komuni yang dibicarakan merupakan dasar untuk komuni yang serupa dan dasar untuk komuni yang berbeda.” Bdgk. di atas VI. 2 (akhir teks, hal. 116-117).
[27] Bdgk. dia tas VI, 2 (teks hal. 118): seseorang selama masa percobaan dan seseorang selama pelaksanaan mānatta.
[28] Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 5 satunya dan “dua ruas jari atau dua sebulan” yang lainnya, VA. 1382.
[29] VA. 1382: “Bhikkhuni yang melukai dirinya sendiri termasuk dua pelanggaran: jika dia melukai dan menangis itu merupakan pelanggaran Pengakuan Kesalahan: jika dia melukai tetapi tidak menangis itu merupakan pelanggaran dukkhata.” Lihat Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 20.
[30] Dengan tindakan resmi dan voting.
[31] VA. 1383: ada dua pada keseluruhan Vinaya menurut peraturan Sangha. Bagaimanapun juga, sebaliknya (? Itarathā) ada sembilan bagi para bhikkhu dan sembilan bagi para bhikkhuni, semuanya delapan belas.
[32] VA. 1383: tindakan resmi dan dasar tindakan resmi.
[33] Takluk, berat, Pengakuan Kesalahan, seperti pada Takluk III, 4, 5.
[34] Bagi seseorang yang menyembunyikan kesalahan, bagi seorang peniru bhikkhu yang diskores, dan bagi pelaku delapan hal—Takluk Bhikkhuni II, III, IV. “Bagaimanapun juga Kurundiya menyebutkan ketiganya sbb: ada mengambil yang tidak diberikan, membunuh manusia, dan menyatakan keadaan manusia yang akan datang.”
[35] Orang yang di bawah umur (Pengakuan Kesalahan 65), orang yang tidak mempunyai patta dan jubah (MV. 1, 70), dan orang yang telah meninggalkan perkara (pembunuh ibu, kasim, hermafrodit, dan hewan) (MV. I, 63-69)—dua interpretasi yang terakhir dijelaskan pada Kurundiya.
[36] Persiapan tindakan resmi, itu harus dilaksanakan, yang tidak selesai secara individu dia yang melaksanakan, dan pelaksanaan yang lalu dilaksanakan. Penggolongan tiga rangkap yang selanjutnya adalah dengan hal subjek, gerakan dan proklamasi: VA. 1383.
[37] “Mengeluarkan bhikkhuni Mettiyā” (F.M. 8, 1, 9), penggoda para bhikkhuni harus dikeluarkan (MV. I, 67), dan samanera yang memiliki sepuluh sifat harus dikeluarkan (MV. I, 60). Bdgk. Di atas Bagian VI, 1.
[38] “Saya mengizinkan, para bhikkhu, dua atau tiga memproklamasikan bersama,” jadi VA. 1384 rupanya mengutip Vin. I, 93. Untuk ekavācika lihat Vin. I, 169 ff.
[39] Takluk, berat, dukkhata (lihat Takluk II, 1, 6 dan 3; 6, 1).
[40] Takluk, berat, dukkhata, Pengakuan Kesalahan, (semua pada Takluk 1).
[41] Takluk II, 4, 18, Pengakuan Kesalahan No. 11, berat pada Takluk 1.
[42] Takluk III, 4, 5, 6, berat dan Pengakuan Kesalahan (Takluk III, 4, 5; 5, 25), F.M. No. 1, dukkhata (Sekhiya No. 74).
[43] Pengakuan Kesalahan 21.
[44] Navakā; VA. 1384 berbunyi bahwa pada peraturan pertama pelatihan (yakni pada divisi para bhikkhuni, Pengakuan Kesalahan 21-30) tepatnya ada dua tindakan resmi yang tidak secara legal berlaku, dan dua yang berlaku secara legal. Kelihatannya referensinya adalah Pengakuan Kesalahan 21. Lihat teks hal. 137-138.
[45] VA. 1384 berbunyi bahwa dalam memberikan bahan jubah di hadapan para bhikkhu kepada seseorang yang ditahbiskan merupakan Pengakuan Kesalahan; di hadapan para bhikkhuni merupakan dukkhata. Maka itu merupakan pelanggaran dalam memberikan bahan jubah kepada dua bhikkhuni.
[46] Seperti di tulis pada Pali, yakni teksnya.
[47] Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 7.
[48] Dukkhata (Pengakuan Kesalahan 27, 67), Pengakuan Kesalahan (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 96), berat dan F.M. (F.M. Bhikkhuni 3, 5, 1).
[49] Pengakuan Kesalahan (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 11, 12), dukkhata (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 6, 2, 2), berat dan F.M. (F.M. Bhikkhuni 3, 5, 1): lihat juga Takluk Para Bhikkhuni IV, 2, 1.
[50] Ulasan Kuno hanya mencatat bahwa jika seseorang duduk atau berbaring seseorang termasuk dalam empat pelanggaran; mungkin sama untuk berdiri.
[51] VA. 1385: seorang bhikkhu yang menerima lima obat-obatan, mencampur mereka dalam satu atau lebih bejana, tetapi jika dia mengesampingkannya selama lebih dari tujuh hari maka itu merupakan lima pelanggaran Pengakuan Kesalahan. Mungkin ini menunjuk kepada Pengampunan 23.
[52] Ini berkenaan dengan bhikkhu yang meminta, menggumalkan dan makan sembilan makanan mewah; lihat Pengakuan Kesalahan 39.
[53] Diakui dalam satu formula (hukuman) untuk menyimpan lima obat-obatan untuk lebih dari tujuh hari; Pengampunan 23.
[54] Berkenaan dengan makanan mewah (?).
[55] Berkenaan dengan obat-obatan.
[56] Berkenaan dengan makanan mewah.
[57] Takluk karena mengikuti seseorang yang diskores (Takluk Para Bhikkhuni III), F.M. karena mengikuti perpecahan (F.M. 10, 1) dan Pengakuan Kesalahan karena bhikkhuni Caṇḍakāli tidak menghentikan pandangan salah (ini mungkin menunjuk pada F.M. Para Bhikkhuni 7 di mana, bagaimanapun juga tidak menyebut pelanggaran Pengakuan Kesalahan).
[58] Lihat teks hal 99 mengenai “demi kepentingan mata pencaharian…”.
[59] Pelanggaran berat karena makan daging manusia (Vin. I, 218), satu merupakan dukkhata karena makan daging lain yang dilarang (Vin. I, 219 ff.), pelanggaran Pengakuan Kesalahan karena seorang bhikkhuni makan bawang putih (Pengakuan Kesalahan Para Bhikkhuni 1).
[60] F.M. (F.M. Bhikkhuni 5), berat (Vin. I, 218), Pengakuan Kesalahan (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 1), Pengakuan (Pengakuan Bhikkhuni 1-8) dan dukkhata (Vin. I, 219 f).
[61] Dukkhata, berat Takluk (Takluk Para Bhikkhuni III, 2, 1), F.M. (No.10), Pengakuan Kesalahan (No. 68).
[62] VA. 1386: lima penganut sejawat, (bhikkhu dan bhikkhuni, Vin, ii, 262), sikkhamana, samanera dan samaneri (Vin. I, 84, khususnya samanera). Walaupun pengakuannya tidak perlu diakui, hukuman, daṇḍakamma, harus dibebankan kepada mereka.
[63] Untuk lima golongan yang sama ini semua investigasi biasa (? Vinicchayavohāra) mengenai patta dan jubah yang disebut kasus peradilan, VA. 1386.
[64] Lima yang sama seperti catatan sebelumnya.
[65] VA. 1387: jika individu mengubah pelanggaran di tengah-tengah Sangha, di tengah kelompok atau di hadapan bhikkhu perorangan.
[66] Pengakuan Kesalahan dan dukkhata (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 11, 2, 1).
[67] Pengakuan Kesalahan dan dukkhata (Pengakuan Kesalahan Bhikkhuni 12).
[68] Dukkhata (F.M. 1, 5, 12)
[69] VA. 1387: “’Para bhikkhu, seorang bhikkhu tidak boleh melihat wajah pemberi’—di sini pelanggaran dukkhata. Bagaimanapun juga Kurundiya mengartikan frase ini sebagai ‘jika bhikkhuni ikut ambil bagian dari pindapatta yang tersedia (matang, paripācita) ada pelanggaran Pengakuan Kesalahan’.”
[70] VA. 1387: “disebut keuntungan pada Kosambakakkhandhaka”—rupanya menunjuk pada MV. X, 1, 7, 8, walaupun kata ānisaṁsa tidak muncul pada edisi Oldenberg.
[71] Karena tidak melihat pelanggaran, tidak mengubahnya, tidak menghentikan pandangan salah, contoh: MV. 1, 79.
[72] VA. 1387: beberapa untuk para bhikkhu yang telah diskores.
[73] VA. 1387: Takluk, F.M., berat, Pengakuan Kesalahan, dan dukkhata. Lihat teks hal. 128, 193.
[74] Ibid. “sepuluh hari terbanyak” dst dinyatakan di bawah (yakni di atas sini).
[75] Empat pelanggaran untuk Diakui untuk para bhikkhu, delapan untuk para bhikkhuni.
[76] Desanā. VA. 1387: maksudnya pengakuan pelanggaran, accaya, dan berkenaan dengan fakta pembunuh yang disewa Devadatta (Vin. ii, 192); kepada wanita yang mencoba menggoda tetua Anuruddha (Vin. iv, 18); kepada Vaḍḍha Sang Licchavi (Vin. ii, 126); dan kepada para bhikkhu mendatang yang melaksanakan tindakan resmi penskoresan terhadap Tetua yang tinggal di desa Vāsabha (Vin. I, 314 f.).
[77] lihat teks hal. 136.
[78] Lihat teks hal. 137.
[79] Ulasan kuno menyebut ini berkenaan dengan pentahbisan, upasampadā daripada para bhikkhuni.
[80] Sekarang ayat-ayat suci berhubungan dengan perpecahan: “dapat dihancurkan” merupakan chejja. VA. 1388 berbunyi “Dalam ayat suci siapapun sembilan orang yang menawarkan voting, dia memecah Sangha: untuknya merupakan chejja”, dan secara tak wajar ditambahkan “sebagaimana Devadatta termasuk dalam pelanggaran yang termasuk Takluk”. Klausa di atas rupanya menunjuk pada Vin. ii, 204 (CV. VII, 5, 1).
[81] VA. 1388: “pengikut atau peniru pemecahbelahan, seperti Kokālika dan yang lainnya”—yakni Kokālika dan tiga pengikut Devadatta lainnya disebutkan pada F.M. 10, 1, 1, CV. VII, 3, 14. Pada CV. VII, 4, 4 mereka dibuat untuk mengakui pelanggaran berat. Empat set keadaan lainnya yang termasuk pelanggaran berat karena bertujuan untuk perpecahan muncul pada MV. II, 34, 6-9.
[82] tidak ada pelanggaran bagi empat pembabar Dhamma—ini tak jelas.
[83] VA. 1388: “Bagaimanapun juga pelanggaran ini, ditemukan mengenai satu untuk semua, ditemukan mengenai perpecahan dalam Sangha.
[84] lihat teks hal. 137.
[85] VA. 1388 berbunyi sembilan tindakan resmi harus dilaksanakan dengan gerakan.
[86] CV. VI, 6, 5.
[87] VA. 1388: karena memberi salam kepada sepuluh yang sama.
[88] Jubah ekstra dapat dipakai untuk paling banyak sepuluh hari. Pengampunan 1, 2.
[89] Lima orang-orang seDhamma: para bhikkhu, para bhikkhuni, sikkhamana, samanera dan samaneri.
[90] Kata sante tidak biasa pada Vin. Kelihatannya seperti jamak akusatip dan seperti dipakai pada parisuddhi, kesucian sempurna; dan dātabbaṁ di sini mungkin berarti mendeklarasikan, lihat BD. iv, 158, no. 1. Klausa di atas mungkin menunjuk pada MV. II, 22, CV. III, 26: suddhanta. Untuk VA. 1388 tujuh itu adalah sbb: mereka yang pergi ke tempat yang jauh, disāpakkantā untuk disaṁgamika MV. II, 21; mereka yang marah, gusar, menderita dan tiga yang telah diskores (yakni karena tidak melihat, tidak mengubahnya, dan tidak menghentikan).
[91] VA. 1388 berbunyi bahwa enam belas ini, dimulai dari kasim, dinyatakan pada Civarakkhandhaka, dan kelihatan berkenaan dengan enam yang pertama dan sepuluh yang terakhir pada MV. VIII, 30, 1.
[92] Ini merupakan jawaban dari pertanyaan yang ditanyakan pada ayat sebelumnya. VA. 1389: “Siapapun yang dalam setiap sepuluh hari telah termasuk dalam 100 pelanggaran yang memerlukan Sidang Sangha, menyembunyikannya selama setiap sepuluh hari merupakan penyembunyi 1,000 pelanggaran dalam 100 hari. Jika dia meminta masa percobaan, dengan berkata semua pelanggaran ini telah disembunyikan selama sepuluh hari dan telah menghabiskan masa sepuluh malam maka kata-kata itu mungkin dinyatakan ‘Sikkhamana boleh dibebaskan’.” Mengenai masa percobaan lihat CV. II, III. Ayat ini dikutip pada VA. 1183-4.
[93] Campeyyakakkhandhaka adalah MV. IX. Tiga cacat menunjuk kepada empat tindakan resmi, lihat di atas VI, 2, pada akhir teks hal. 116.
[94] Lihat lagi sampai akhir teks hal. 116 dan MV. IX.
[95] Lihat MV. IX, 3, 5. Yang sah secara legal adalah yang dilaksanakan menurut peraturan pada majelis sempurna. Lihat juga teks hal. 115 (dekat awal dan catatan pada terjemahan).
[96] Lihat MV. IX, 2, 4. Yang sah secara legal adalah sama dengan bait terdahulu.
[97] VA. 1389: nibbāna.
[98] Ibid. berbunyi sama degan lima jenis “pengasingan” atau isolasi sebagaimana MA. I, 85. Bdgk. Teks hal. 97.
[99] Hanya satu golongan pelanggaran, yaitu Takluk, dihentikan tanpa prosedur. Di sini satu putusan di hadapan dihentikan tanpa prosedur, tetapi bagaimanapun juga mencapai status prosedur.
[100] Visayāni.
[101] VA. 1390 menunjuk kepada Sanghabhedakkhandhaka, menggolongkan delapan belas pembabar non-dhamma dalam setiap delapan kelompok, jadi sampai pada total cha ūnadiyaḍḍhasata. Lihat CV. VII, 5, 2 (untuk delapan belas poin meningkatkan perpecahan) dan CV. VII, 5, 5 (mengenai pandangan dan keraguan, di mana VA. menggolongkan delapan).
[102] Kata-kata pada CV. VII, 5, 5, pada pertemuan bersama.
[103] VA. 1390 di sini menjiplak CV. VII, 5, 6. Pada kenyataannya ini merupakan pemecahbelahan, kecuali bertindak dengan keyakinan benar.
[104] Ini menunjuk kepada jawaban yang tertinggal kecuali dua di atas, di mana 144 dikurangi menjadi 18x8.
[105] Lihat di atas XIII, 3, hal. 167.
[106] Lihat teks hal. 214.
[107] Asuttaka, belum dirangkai, belum diurut pada Urutan (sutta) pada Ajaran. Pada sutta sebagaimana Urutan lihat The Guide, PPTS Trans. Series, No. 33, Intr. hal. xxxiii, dan hal. 3 catatan ½.

Popular Posts